Forgiving
roadsides
Forgiving Road merupakan elemen dari prinsip pendekatan
jalan yang berkeselamatan. Tiga prinsip Pendekatan Jalan yang berkeselamatan
adalah:
1.
Perilaku manusia
2.
Kelemahan manusia
3.
Kesalahan sistem
Konsep Forgiving Road adalah untuk meminimalkan akibat dari
kesalahan pengemudi dalam mengemudikan kendaraan, daripada mencegah mereka
melakukan kesalahan (human error). Oleh karena itu Forgiving Road harus
menyediakan jalan yang :
1.
Meminimalkan risiko kendaraan meninggalkan jalur
lalu lintas.
2.
memberikan ruang yang memadai untuk kendaraan
yang berjalan.
3.
memastikan bahwa setiap tabrakan yang tidak
terjadi di pinggir jalan tidak menyebabkan fatalitas atau cedera serius.
Self Explaining
Road
Self Explaining Road adalah jalan yang memberikan informasi
kepada pengguna jalan tentang kondisi jalan di lapangan dan situasi di jalan
yang akan dilalui dengan tujuan mendorong perilaku mengemudi yang sesuai dengan
tata letak jalan itu sendiri.
Umumnya, dua pendekatan yang berbeda dari Self Explaining
Road dapat dibedakan menjadi :
1. Self Enforcing Road
2. Standart Road
Self Enforcing Road harus mencegah pengguna jalan untuk
mengemudi pada kecepatan yang tidak sesuai dengan aturan dan mendorong
pengendara untuk menyalip hanya pada jalan yang memiliki lebar jalan yang cukup
dimana menyalip akan aman. Namun, pengetahuan tentang geometrik jalan dan
elemen jalan diperlukan untuk merancang jalan yang sesuai ketentuan dengan
tingkat keselamatan yang tinggi dalam setiap situasi. Kesulitan-kesulitan ini
terutama menyangkut jalan pedesaan di mana sebagian besar kematian disebabkan oleh
kecepatan tinggi dan kecelakaan menyalip.
Oleh karena itu pendekatan jalan sendiri menjelaskan saat
ini mengikuti konsep standardisasi untuk mengurangi kontradiksi antara harapan
pengguna jalan dan situasi aktual di jalan. Hal ini dilakukan dengan menetapkan
peraturan lalu lintas dan jelas, desain jalan yang jelas untuk kategori jalan.
Persyaratan untuk konsep jalan standar adalah:
• Jalan dari kategori yang sama jalan (fungsi yang sama,
campuran lalu lintas dan batas kecepatan - functionality-) harus sama.
• Jalan dengan fungsi yang berbeda, mode lalu lintas yang
berbeda, batas kecepatan harus berbeda dari jalan kategori lainnya
• Tata letak harus sesuai dengan harapan para pengguna jalan
dan membantu untuk mendorong perilaku yang sesuai (recognizabilty dan
prediktabilitas dari jalan, homogenitas kecepatan dan arah).
• Jalan memberikan kemungkinan untuk memperbaiki kesalahan
(forgiving roadsides)
0 komentar:
Posting Komentar