Minggu, 15 Januari 2017

PROFIL AUDIENS

PENGERTIAN PROFIL

Profil  adalah sebuah gambaran singkat tentang  seseorang, organisasi, benda lembaga  ataupun wilayah. 
Cara menulis profil yang baik ditulis secara singkat dan jelas serta dapat menggambarkan sesuatu yang kita tulis baik itu berupa seseorang ,benda lembaga  ataupun wilayah. 
profil bisa dibuat tertulis, baik di dalam sebuah buku ,di blog  atau website sesuai dengan kebutuhan kita 
Analisa Audiens dan Pengembangan Profil Audiens
 
Analisis Audiens
·         Bila komunikasi telah memilikimaksud dan tujuan yang jelas, langkah berikutnya adalah memperhatikan audiens yang akan dihadapi.
·         Siapa audiens nya?
·         Bagaimana pengetahuan mereka?
·         Bagaimana latar belakang usia?
·         Bagaimana latar belakang pendidikan?
·         Jenis kelamin?
·         Bagaimana minatnya?
·         Apa yang ingin mereka ketahui?
 

Mengembangkan Profil Audiens
  1. 1.   Menentukan Ukuran dan Komposisi Audiens
  • ·         Audiens dalam jumlah yang besar akan menunjukan perilaku yang berbeda dengan jumlah audiens yang sedikit
  • ·         Dibutuhkan tehnik komunikasi yang berbeda untuk jumlah Audiens yang berbeda
  • ·         Audiens jumlah lebih sedikit bisa diberikan laporan sederhana kemudian dipresentasikan dan dibagikan
  • ·         Audiens jumlah lebih besar membutuhkan pengorganisasian dan format penulisan yang lebih formal
  • ·         Semakin banyak Audiens semakin beragam pendidikan, status, dan sikap audiens
  1. 2.   Siapa Audiensnya
·         komunikator perlu menidentifikasi siapa diantara audiens yang memegang posisi kunci / paling penting.
·         Key person biasanya orang dengan jabatan lebih tinggi atau yang mempunyai kompetensi pada bidang tertentu.

  1. 3.   Reaksi Audiens
·         Bila sudah mengetahui siapa audiensnya, maka pelu diantisipasi reaksinya
·         Komposisi audiens yang kurang aktif perlu disajikan presentasi yang langsung pada kesimpulan dan saran

  1. 4.   Tingkat pemahaman Audiens
·         jika komunikator dengan audiens mempunyai latar belakang berbeda, perlu diputuskan terlebih dahulu seberapa jauh audiens tersebut harus di didik
·         kalau komunikator terkesan menggurui audiens cenderung jenuh, bosan atau kurang tertarik
  1. 5.   Hubungan komunikator dengan audiens
·         komunikator perlu berpenampilan yang meyakinkan bila belum dikenal audiens
·         Intonasi suara komunikator dapat menunjukan tingkat kedekatan dengan audiens

 

Cara memenuhi kebutuhan Audiens
a.    Cari apa yang diinginkan Audiens
b.   Antisipasi pertanyaan yang tidak diungkapkan
c.    Berikan semua informasi yang diperlukan
d.   Pastikan bahwa informasinya akurat
e.    Tekankan ide-ide yang paling menarik bagi audiens

Cara memuaskan kebutuhan motivasional Audiens
·         Ada kecenderungan bahwa audiens tidak mau mengubah sesuatu yang ada dengan hal yang baru. → dapat dilakukan pendekatan argumentatif
·         Pendekatan argumentatif tidak selamanya mampu memikat konsumen.→ dapat dilakukan pendekatan emosional

Topik Vs Ide Pokok
·         Topik adalah subjek pesan yang luas
·         Ide pokok adalah pernyataan tentang suatu topik

Teknik Brainstorming
·         Storyteller’s Tour
·         Random List
·         CFR (conclusion Findings Recommendation) Worksheet
·         Journalistic Approach (who, what, when, where, how)

0 komentar:

Posting Komentar