Rabu, 06 Januari 2016

Harap Waspada!! Jalan Tegal-Purwokerto Belum Ada Marka

Bersamaannya liburan semester pelajar baik SD, SMP, maupun SMA dan libur natal, membuat volume kendaraan meningkat pada ruas jalan Tegal-Purwokerto. Namun peningkatan volume kendaraan yang sangat tinggi bersamaan dengan proyek perbaikan jalan (pelebaran jalan dari Tonjong-Paguyangan) menyebabkan penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas, sehingga waktu perjalanan menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan oleh benyaknya kendaraan pribadi dari Jakarta yang akan berlibur ke arah jawa timur.
 Pengendara kendaraan yang melintas di jalan ruas Tegal-Purwokerto harus lebih berhati-hati ketika melintasi wilayah Kecamatan Tonjong, kecamatan Bumiayu, dan kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Pasalnya, badan jalan yang baru diperlebar belum diberi marka atau garis putih pembatas jalan.



Seperti yang kita tahu, marka merupakan perlengkapan jalan yang sangat penting untuk menunjang keselamatan saat berlalu lintas di jalan. Hal ini karena fungsi marka sebagai petunjuk bagi pengemudi untuk mengetahui batas tepi serta batas tengan jalan yang dilalui. Selain itu marka juga berfungsi sebagai larangan, seperti marka yang tidak putus-putus berarti pengemudi tidak boleh menyalip kendaraan lain. Marka tidak putus-putus biasanya terdapat pada tikungan, jembatan, maupun di ruas jalan yang memiliki potensi kecelakaan saat kendaraan menyalip.
Tidak adanya marka membuat batas lajur kanan dan kiri tidak jelas. Pengendara terkadang terlalu kekanan ketika melajukan kendaraanya, sehingga hal tersebut sangat berbahaya jika sewaktu-waktu ada kendaraan lain yang melintas dari arah berlawanan.
Kondisi tersebut semakin berbahaya ketika malam hari. Hal tersebut dikarenakan jalur tersebut tidak didukung dengan penerangan jalan yang memadai. Kondisi tersebut membuat jalan yang baru saja diaspal tidak terlihat dengan jelas.
Seperti yang kita tahu, kondisi terrain atau tepi jalan pada jalan di kecamatan tonjong merupakan jurang dengan kedalaman lebih dari 15 meter dan rawan longsor. Oleh karena itu pengemudi harus lebih berhati-hati saat melintasi daerah tersebut.

Oleh karena itu untuk pengemudi harus lebih berhati-hati saat berkendara untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dijalan raya.

0 komentar:

Posting Komentar