Minggu, 28 Juni 2015

Jalan Yang Berkeselamatan

Forgiving roadsides



Forgiving Road merupakan elemen dari prinsip pendekatan jalan yang berkeselamatan. Tiga prinsip Pendekatan Jalan yang berkeselamatan adalah:
1.       Perilaku manusia
2.       Kelemahan manusia
3.       Kesalahan sistem
Konsep Forgiving Road adalah untuk meminimalkan akibat dari kesalahan pengemudi dalam mengemudikan kendaraan, daripada mencegah mereka melakukan kesalahan (human error). Oleh karena itu Forgiving Road harus menyediakan jalan yang :
1.       Meminimalkan risiko kendaraan meninggalkan jalur lalu lintas.
2.       memberikan ruang yang memadai untuk kendaraan yang berjalan.
3.       memastikan bahwa setiap tabrakan yang tidak terjadi di pinggir jalan tidak menyebabkan fatalitas atau cedera serius.

Self Explaining Road



Self Explaining Road adalah jalan yang memberikan informasi kepada pengguna jalan tentang kondisi jalan di lapangan dan situasi di jalan yang akan dilalui dengan tujuan mendorong perilaku mengemudi yang sesuai dengan tata letak jalan itu sendiri.
Umumnya, dua pendekatan yang berbeda dari Self Explaining Road dapat dibedakan menjadi :
1. Self Enforcing Road
2. Standart Road
Self Enforcing Road harus mencegah pengguna jalan untuk mengemudi pada kecepatan yang tidak sesuai dengan aturan dan mendorong pengendara untuk menyalip hanya pada jalan yang memiliki lebar jalan yang cukup dimana menyalip akan aman. Namun, pengetahuan tentang geometrik jalan dan elemen jalan diperlukan untuk merancang jalan yang sesuai ketentuan dengan tingkat keselamatan yang tinggi dalam setiap situasi. Kesulitan-kesulitan ini terutama menyangkut jalan pedesaan di mana sebagian besar kematian disebabkan oleh kecepatan tinggi dan kecelakaan menyalip.
Oleh karena itu pendekatan jalan sendiri menjelaskan saat ini mengikuti konsep standardisasi untuk mengurangi kontradiksi antara harapan pengguna jalan dan situasi aktual di jalan. Hal ini dilakukan dengan menetapkan peraturan lalu lintas dan jelas, desain jalan yang jelas untuk kategori jalan.
Persyaratan untuk konsep jalan standar adalah:
• Jalan dari kategori yang sama jalan (fungsi yang sama, campuran lalu lintas dan batas kecepatan - functionality-) harus sama.
• Jalan dengan fungsi yang berbeda, mode lalu lintas yang berbeda, batas kecepatan harus berbeda dari jalan kategori lainnya
• Tata letak harus sesuai dengan harapan para pengguna jalan dan membantu untuk mendorong perilaku yang sesuai (recognizabilty dan prediktabilitas dari jalan, homogenitas kecepatan dan arah).

• Jalan memberikan kemungkinan untuk memperbaiki kesalahan (forgiving roadsides)

0 komentar:

Posting Komentar